Setelah Menaikan BBM, Pemerintah Pertimbangkan untuk Menaikan LPG

Astaghfirullah. Setelah BBM naik, LPG mau naik! Negara itu melayani, bukan jualan ke rakyatnya. Ya Allah, tolonglah rakyat Indonesia yang mayoritas adalah miskin.

Belum lama ini pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla mengalihkan alokasi anggaran subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) yang dinilai terlalu besar. Caranya dengan menaikkan harga BBM bersubsidi.

Setelah mengeluarkan kebijakan itu, pemerintah membidik alokasi pos anggaran subsidi lain yang juga cukup besar dan selama ini jarang terekspose yakni subsidi LPG.

"Pada waktunya nanti akan dievaluasi lagi," ujar Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantornya, Jakarta, Selasa (25/11).

Namun dia tidak secara tegas mengatakan apakah akan menaikkan harga LPG 3 kg atau tidak. JK sapaan akrabnya justru menceritakan, harga LPG naik di Arab Saudi. Namun itu lebih baik dibandingkan menggunakan minyak tanah.

"Yang terjadi adalah harga LPG di Saudi tidak turun, malah naik, tetapi masih jauh lebih murah daripada pakai minyak tanah. Ada kenaikan (subsidinya) karena harga naik," jelasnya.

Sekadar diketahui, selain subsidi untuk BBM dan listrik yang mencapai hampir Rp 300 triliun, subsidi LPG juga cukup besar, yakni Rp 60 triliun.

LPG yang disubsidi adalah LPG ukuran 3 KG. Pemerintah memberikan subsidi sebesar Rp 9.000 per KG dari harga keekonomian Rp 12.800 per KG. LPG 3 KG dijual ke masyarakat dengan harga Rp 3.800 per KG.

Source

0 Response to "Setelah Menaikan BBM, Pemerintah Pertimbangkan untuk Menaikan LPG"

Posting Komentar

wdcfawqafwef